Tips Menentukan Harga Jual Mobil Bekas yang Tepat

Tips Menentukan Harga Jual Mobil Bekas

Ketika ingin menjual kendaraan bekas, pastinya sering kali diantara Anda yang bingung bagaimana cara memulainya bukan. Apalagi jual mobil bekas juga bukan perkara yang mudah, dimana meskipun harganya sendiri relatif lebih murah dibandingkan kendaraan baru, namun sebenarnya calon konsumen juga mempertimbangkan banyak aspek sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kendaraan. Jika Anda ingin cepat terjual bisa langsung tawarkan ke showroom atau dealer saja, karena sudah pasti mereka mau membeli, namun dengan harga lebih rendah biasanya dibandingkan harga pasaran.

Sebaliknya ketika Anda menginginkan agar kendaraan tersebut terjual dengan harga yang relatif lebih tinggi, maka solusinya cari sendiri pembelinya, tak perlu lewat perantara, langsung jual kepada orang yang tepat. Hanya saja permasalahan yang sering dijumpai disini adalah banyak yang bingung di dalam menentukan harga jual dari kendaraan tersebut. Apalagi jika berbicara mengenai perkara harga juga bukan hal yang dapat disepelekan, banyak kendaraan yang sulit laku karena penetapan harga jualnya terlalu tinggi.

Itulah mengapa sebagai solusinya maka Anda juga harus bisa menentukan harga jual mobil bekas tersebut dengan tepat, sesuai dengan pasaran yang ada, sehingga antinya tidak kalah saing dengan kompetitor yang lain, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Ketahui usia produksi kendaraan tersebut, Anda dapat mengecek terlebih dahulu tahun berapa mobil tersebut dibuat. Karena faktanya sendiri semakin tua usia kendaraan maka nantinya akan semakin turun juga harganya. Pada tahun pertama saja harga jualnya akan turun antara 10 hingga 15 persen, belum lagi di tahun-tahun selanjutnya yang akan mengalami penurunan harga sebesar 5 hingga 10 persen. Untuk tahun pembuatan dari kendaraan tersebut dapat Anda cek secara mudah lewat STNK.
  2. Mengecek kondisi kendaraan, bagian lain yang tidak kalah penting adalah mengecek kondisi kendaraan tersebut. Anda harus tahu kelemahan dan kelebihan apa sajakah yang ditawarkan oleh kendaraan tersebut. karena jika performa mesin sudah banyak yang turun, artinya harganya sendiri juga akan ikut mengalami penurunan jadi semakin murah. Sebaliknya ketika kondisi masih bagus maka harga juga akan tetap stabil. Apalagi nantinya calon pembeli juga akan melihat untuk menilai secara langsung bagaimana kondisi kendaraan tersebut, apakah masih bagus ataukah tidak, begitu juga dengan test drive yang akan mereka lakukan.
  3. Mengecek pasaran harga kompetitor, selanjutnya Anda juga dapat melakukan survey mengenai harga yang ditawarkan oleh kompetitor, khusus untuk kendaraan yang sama, berapa harga yang mereka bandrolkan, bahkan saat ini jika dilihat juga ada daftar harga kendaraan bekas yang dapat Anda lihat dan dijadikan sebagai salah satu acuan dalam penentuan harga.
  4. Gunakan jasa penafsir harga mobil, bagi yang benar-benar masih pemula dan bingung dalam penentuan harga, maka cara yang satu ini bisa jadi alternatif terbaik, yaitu mengandalkan jasa seorang penafsir harga, jasa-jasa semacam ini banyak sekali dan dilakukan oleh seorang yang sudah ahli. Namun untuk menggunakan jasanya maka Anda harus keluar sejumlah biaya jasa juga.

Jual mobil bekasĀ Anda secara cepat tanpa ribet ke Moladin saja, bahkan disini mereka akan memberikan pasaran harga yang relatif tinggi dibandingkan dengan platform yang lainnya. Tinggal isi form yang Anda di website atau aplikasinya, selanjutnya Anda tinggi menunggu dihubungi oleh tim Moladin untuk nantinya melakukan inspeksi kendaraan tersebut, tentunya juga secara gratis.

Related posts