Tips Memilih Layanan Rapid Test yang Murah Namun Berkualitas

  • Whatsapp
Rapid Test

Layanan rapid test menjadi salah satu yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, sejalan dengan mewabahnya virus Corona di berbagai penjuru dunia. Karena faktanya ia bisa dijadikan sebagai tahapan awal untuk mengetahui apakah seseorang terjangkit penyakit Covid 19 ataukah tidak. Dengan cara mengambil sedikit sampel darah pasien, kemudian akan dilakukan pengajuan ke lab. Jika seandainya reaktif maka ada kemungkinan terserang Covid 19, namun bisa juga sebaliknya. Sehingga harus dilakukan tindak pemeriksaan lanjutan untuk memastikannya.

Pemerintah sendiri saat ini mengupayakan berbagai cara untuk mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut. Yaitu dengan memberlakukan protokol kesehatan di berbagai macam fasilitas umum, membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah dan masih banyak lagi diantaranya. Jangan sepelekan penyakit yang menyerang paru-paru ini. Karena jika tidak segera diobati dampaknya bisa serius, yaitu menyebabkan kematian pada penderitanya. Covid 19 beresiko untuk menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua.

Hanya saja orang tua, apalagi yang sudah memiliki riwayat penyakit bawaan sebelumnya, mereka yang paling rentan terserang penyakit ini, bahkan dengan resiko komplikasi yang begitu tinggi. meskipun sudah ada aturan terkait dengan penetapan harga untuk rapid test, tak jarang diantaranya rumah sakit atau klinik nakal yang tetap memberlakukan tarif mahal. Berikut ini diantaranya tips bagi Anda jika ingin mendapatkan layanan untuk rapid test yang harganya terjangkau, yaitu:

  1. Survey terlebih dahulu, ada baiknya untuk tidak langsung memutuskan fasilitas kesehatan manakah yang nantinya akan digunakan untuk melakukan test. Melainkan Anda dapat melakukan survey, yaitu dengan membanding-bandingkan antara layanan yang satu dengan yang lainnya. Hal ini nyatanya sangat berguna untuk mendapatkan layanan dengan harga yang lebih terjangkau. Umumnya di setiap daerah tidak hanya ada satu atau dua saja, melainkan ada beberapa fasilitas kesehatan yang memang menawarkan layanan pemeriksaan ini. Sehingga dapat mengecek satu persatu tarifnya.
  2. Pilihlah yang reguler, jika dilihat di klinik sendiri nyatanya memang ada beberapa pilihan terkait dengan rapid test ini, diantaranya adalah yang reguler dan jenis yang lainnya yaitu pemeriksaan cepat, biasanya ditujukan untuk orang-orang yang akan bepergian dan membutuhkan surat non reaktif dari rapid test ini. Tawaran harga yang diberikan juga berbeda, jika seandainya Anda ingin yang harganya murah, maka utamakan memilih yang reguler.
  3. Tes sendiri di rumah, sekarang ini tak hanya datang ke rumah sakit, faktanya memang Anda juga dapat melakukan pengecekan sendiri di rumah, khususnya yang bekerja sebagai tenaga kesehatan pasti mengetahui hal ini. dimana nantinya Anda dapat membeli alat untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri di rumah, itu cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan melakukan pemeriksaan lewat rumah sakit.
  4. Memilih layanan yang datang ke rumah, adapun juga diantara layanan yang bisa Anda pilih untuk melakukan rapid test ini di rumah, sehingga tak perlu datang secara langsung ke rumah sakit. Ini memungkinkan Anda juga lebih hemat biaya untuk ongkos.

Itulah diantaranya beberapa tips memilih layanan rapid test dengan harga terjangkau namun juga berkualitas. Satu catatan penting yang harus Anda ingat bahwa hasil rapid test ini belum benar-benar mengindikasikan kondisi sebenarnya, karena meskipun hasilnya reaktif, sebenarnya belum tentu seseorang tersebut positif virus Corona, harus dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk benar-benar memastikan kondisinya tersebut, yaitu tes swab atau PCR.

Related posts