Anafilaksis ialah sebuah gejala syok pada seseorang yang disebabkan oleh reaksi alergi, kondisi ini bisa memengaruhi sebagian sistem organ pada tubuh kita. anafilaksis biasanya ditimbulkan akibat tensi yang begitu rendah atau bisa di sebut juga dengan hipotensi. Bisa juga akibat hilangnya kesadaran atau bisa juga akibat penyempitan saluran pernapasan. Kondisi seperti itu bisa tergolong sangat berbahaya sebab pendrita anafilaksis dapat mengancam nyawa penderitanya. Berbagai khasus memcatat reaksi alergi yang dapat memicu terjadinya anafilaksis ini dapat terjadi sangat cepat. bisa terjadi dalam hitungan menit, bahkan dapat juga terjadi dalam hitungan detik sejak penderita anafilaksis terpapar.

Gigitan serangga sering kali menimbulkan atau bisa menyebabkan terjadinya anafilaksis. Akan tetapi dalam khusus lain penggunaan zat kontras radiografi dan juga obat bisa juga mengakibatkan terjadinya anafilaksis. Gejala yang ditimbulkan biasanya penderita akan mengalami penyempitan saluran pernapasan, hal tersebut bisa berakibat fatal bila saja telat di tangani oleh pihak medis. sehingga sesorang penderita anafilaksis haruslah segera mendapatkan pertolongan medis.

Penyebab Anafilaksis

Pada umumnya sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan protein yang bisa di gunakan untuk antibodi, hal tersebut memungkinkan tubuh kita akan melawan berbagai benda asing yang masuk ke tubuh seperti halnya virus dan bakteri. Namun pada pada pendrita alergi, sistem kekebalan tubuh bisa bereaksi sangat berlebihan terhadap sebuah zat yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini yang bisa memicu terjadinya anafilaksis. Perlu kita ketahui anafilaksis bisa terjadi karena alergi yang berlebihan. Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan anafilaksis.

  • Mengonsumsi Obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, aspirin, dan obat penghilang rasa nyeri
  • Sengatan serangga bisa menjadi salah satu penyebab alergi yang bisa menimbulkan anafilaksis seperti sengatan lebah, sengatan tawon dan gigitan semut api.
  • Mengonsumsi kacang-kacangan, susu, makanan laut, telur atau makanan yang mengandung protein yang besar.

Sehingga bagi anda yang sering mengalami alergi sebaiknya menghindari berbagai hal yang bisa memicu timbulnya alergi. Karena bila alergi yang muncul sudah berlebihan maka akan terjadi anafilaksis.

Pengobatan Anafilaksis

Sesorang yang mengalami Anafilaksis harus segera mendapatkan pertolongan oleh pihak medis. Berikut adalah beberapa pertolongan yang bisa di lakukan saat seseorang mengalami anafilaksis.

Bagi anda yang ingin menolong penderita anafilaksis maka anda bisa melakukan langkang-langkan berikut.

  • Pemberian Suntikan yang mengandung adrenalin auto-injector, pemberian suntikan ini bila anda mengerti dan juga memahami cara pengguaan suntikan yang benar.
  • Bagi anda yang tidak mengerti maka sebaiknya anda menghubungi pihak medis untuk mengatasi hal tersebut.
  • Jauhkan penderita dari kontak langsung terhadap timbulnya alergi. Sebagai contoh sengatan serangga, bila penderita mengalami anafilaksis karena sengatan serangga. Hal yang anda lakukan adalah melepas bekas sengatan serangga tersebut. Karena sengatan tawon akan bekas, lepaskan secara pelan-pelan bekas sengatan tersebut.
  • Selanjutnya baringkan penderita pada permukaan yang datar.
  • Jangan panik sampai pihak medis datang.

Itulah tadi beberapa langkah yang bisa anda lakukan saat anda akan menolong orang yang mengalami anafilaksis. Semoga sedikit informasi ini bisa sangat bermanfaat untuk anda.