Pentingnya Obat Gabapentin untuk Penderita Epilepsi

  • Whatsapp
Pentingnya Obat Gabapentin untuk Penderita Epilepsi

Pernahkan Anda mengalami penyakit epilepsi ? Jenis penyakit ini merupakan gangguan yang terjadi pada sistem saraf pusat yang mengakibatkan pola aktivitas listrik otak menjadi tidak normal. Berbagai keluhan muncul ketika penyakit tersebut kambuh seperti kejang, hilang kesadaran sampai sensasi dan perilaku yang tidak biasa. Untuk mengatasi masalah tersebut, obat Gabapentin bisa diberikan untuk meredakan gejala.

Obat Gabapentin sendiri memang mampu mengendalikan gejala seperti kejang bagi penderita epilepsi. Akan tetapi, obat ini tidak bisa untuk menyembuhkan penyakit tersebut, hanya sebatas untuk mencegah gejala muncul. Selain itu, Gabapentin seringkali diberikan untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh kerusakan saraf bagi penderita diabetes maupun cacar air.

Cara Mengkonsumsi Obat Gabapentin

Dalam mengkonsumsi obat-obatan seperti Gabapentin ini, tidak boleh dilakukan sembarangan. Sangat disarankan untuk tetap mematuhi saran dari dokter agar manfaatnya dapat dirasakan. Beberapa hal yang penting untuk diketahui seperti jumlah dosis dan waktu untuk mengkonsumsinya. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang dalam menggunakan obat ini.

Cara mengkonsumsi obat Gabapentin sangat mudah, Anda perlu menelannya secara utuh dengan bantuan segelas air. Saat mengkonsumsinya, Anda tidak perlu membuka, menghancurkan atau mengunyahnya terlebih dahulu. Jika tidak biasa dengan air, Anda bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan makanan yang mudah ditelan, namun tetap harus sesuai dengan anjuran dari dokter.

Agar penggunaan obat dapat dirasakan secara maksimal, Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari. Berapa banyaknya obat yang harus dikonsumsi disesuaikan dengan saran dari dokter. Maka dari itu, sebelum mengkonsumsinya lebih baik untuk memeriksakan kesehatan ke dokter terlebih dahulu. Anda akan mendapatkan resep yang terbaik sehingga bisa memaksimalkan obat tersebut.

Penting untuk Anda ketahui, jika ingin mengkonsumsi Gabapentin bersamaan dengan obat lain lebih baik konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Bukan tidak mungkin nantinya dokter akan mengganti dosis agar sesuai dan tidak menimbulkan efek samping. Obat ini memang penting bagi penderita epilepsi, dan tetap disarankan untuk dikonsumsi meskipun kondisi tubuh sudah mulai membaik.

Efek Samping Penggunaan Obat Gabapentin

Saat mengkonsumsi obat ini, beberapa efek samping bisa saja terjadi seperti berikut ini.

Berat Badan Meningkat

Saat mengkonsumsi Gabapentin, akan timbul rasa lapar yang membuat Anda harus makan. Bagi sebagian orang yang berat badannya mudah meningkat, tentu akan menjadi masalah. Karena dengan begitu, akan sulit untuk mengontrol berat badan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan rendah kalori. Jika suka dengan buah-buahan atau sayur-sayuran tentu akan baik untuk menghindari berat badan meningkat.

Sakit Kepala

Akan menjadi masalah yang berarti jika efek samping ini timbul pada saat bekerja. Sakit kepala memang dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk beraktivitas. Solusinya, Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak air mineral atau membeli obat penghilang rasa sakit di apotek. Jika masalah ini sering terjadi, konsultasi dengan dokter agar mendapatkan solusi terbaik.

Penglihatan Kabur

Efek samping lain yang mungkin saja timbul setelah mengkonsumsi Gabapentin yakni penglihatan yang menjadi kabur. Jika hal itu terjadi, segera untuk menunda aktivitas-aktivitas bepergian dan usahakan untuk beristirahat. Jika kondisi sudah memungkinkan, segera untuk pergi ke dokter dan mengutarakan keluhan ini.

Masih banyak efek samping penggunaan obat Gabapentin yang bisa saja terjadi. Seperti mulut kering, mudah mengantuk, kelelahan, pusing hingga diare. Pastikan Anda mengkonsumsi obat tersebut sesuai dengan resep dari dokter agar penggunaannya sesuai.

Related posts