Mengenal Tanda Cairan Tubuh dalam Kondisi Terendahnya

  • Whatsapp
Mengenal Tanda Cairan Tubuh dalam Kondisi Terendahnya

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan gaya hidup yang sehat. Salah satu yang paling mudah untuk dilakukan yakni dengan menjaga cairan dalam tubuh kita. Sebab, cairan punya peranan yang sangat besar bagi tubuh dan mendominasi sebagian besar isi dalam tubuh manusia. Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, berbagai masalah pada tubuh dapat terjadi dan hal ini perlu segera dicegah. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya dehidrasi yakni dengan memahami lebih dulu beragam gejala dehidrasi yang umum terjadi. Berikut ini beberapa diantaranya.

Mudah mengantuk

Durasi tidur setiap orang tentu berbeda-beda setiap harinya. Biasanya, durasi tidur ditentukan berdasarkan usia seseorang. Hanya saja, tak jarang diantara kita yang punya durasi tidur yang berbeda meski berada pada usia yang sama atau tidak terpaut terlalu jauh. Ada orang yang cenderung lebih mudah mengantuk dan punya durasi tidur lama namun ada pula orang yang sulit tidur hingga kekurangan jam tidur setiap harinya.

Jika Anda tergolong orang yang mudah mengantuk, namun berada di usia produktif, maka sebaiknya berhati-hatilah dan mulai periksa kondisi kesehatan tubuh Anda. Sebab, mudah mengantuk merupakan pertanda bahwa Anda bisa saja mengalami dehidrasi dalam skala ringan menuju sedang. Untuk mengatasi hal ini, maka segeralah minum air mineral dengan cukup agar kadar cairan dalam tubuh kembali terjaga.

Warna urin lebih pekat

Beberapa diantara kita seringkali merasa tidak sadar bahwa sedang mengalami dehidrasi. Hal ini bisa disebabkan oleh padatnya aktivitas yang dijalani sehari-hari mungkin kebiasaan minum yang buruk setiap harinya. Namun, jangan sampai lengah, dehidrasi perlu diatasi segera dan Anda bisa mengetahui kondisi cairan tubuh Anda melalui urin yang Anda keluarkan setiap harinya.

Warna urin bisa menentuka seberapa baik kondisi cairan dalam tubuh kita. Saat kita mengeluarkan urin dengan warna yang bening, maka hal tersebut merupakan pertanda kalau tubuh memiliki kadar cairan yang cukup. Namun, jika yang ditunjukkan adalah warna kuning cenderung pekat, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda kalau Anda sedang mengalami dehidrasi. Semakin pekat warna urin, maka semakin rendah pula cairan dalam tubuh dan Anda perlu segera menggantinya dengan minum air mineral.

Pemahaman akan gejala dehidrasi dapat menghindarkan Anda dari masalah serius dari kurangnya cairan dalam tubuh kita. Untuk itu, selalu pilih air mineral dengan kualitas terbaik seperti Aqua untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah dehidrasi. Anda bisa memulainya dengan mengetahui kebutuhan air setiap harinya melalui hydration calculator di link berikut https://www.sehataqua.co.id/tentang-aqua/. Jangan lupa juga untuk selalu bijak menggunakan bahan berplastik dengan mendaur ulang kemasan botol sekali pakai atau menggunakan Aqua dengan kemasan galon.

Related posts