Semua orang tentu tahu bahwa satu-satunya komponen yang bersinggungan langsung dengan aspal di jalan adalah ban. Makanya kondisi ban tidak bisa diabaikan atau diremehkan begitu saja karena memang menyangkut keselamatan semua orang. Jika kondisi ban normal maka daya cengkeram di aspal juga akan kencang sehingga tidak terjadi slip. Tetapi jika kondisi ban sudah mengalami penurunan kualitas maka daya cengkeram menjadi turun sehingga berpotensi slip maupun tergelincir. Makanya penting sekali dalam memilih komponen ban yang memang cocok dan kompatibel sehingga laju kendaraan juga akan optimal.
Saat ini terdapat 2 jenis ban yang ditemukan di semua mobil jenis apa aja yaitu jenis radial dan juga bias. Ban radial merupakan sebuah ban jenis pneumatik yang disusun oleh benag polyester sampai membentuk sudut sebesar 90 derajat. Sudut tersebut bisa dilihat langsung pada bagian tengah yang dilapisi dengan serat baja. Sedangkan ban bias hampir sama dengan ban radial tetapi perbedaannya ada pada sudutnya dimana ban bias dibuat dengan sudut kurang dari 90 derajat tepatnya pada rentang 40 sampai 65 derajat. Biasanya ban bias diproduksi dengan bentuk zig zag dan juga diagonal. Lalu apa perbedaan dari kedua ban tersebut? berikut ini akan dijabarkan perbedaannya.
Konstruksi pada ban
Perbedaan yang sangat terlihat antara ban radial dengan bias adalah pada konstruksinya. Jika ban radial memanfaatkan serat baja sedangkan pada ban bias menggunakan serat dari nilon. Perbedaan kontruksi ini tentunya akan berpengaruh terhadap permukaan dan juga fungsi dari ban.
Fungsi ban
Dengan penggunaan material pada proses produksi yang berbeda maka fungsi dari masing-masing ban juga berbeda. Jika ban radial biasa digunakan untuk mobil-mobil yang diisi penumpang seperti Veloz, Xenia, Terios, dan mobil-mobil lainnya. Bobotnya lebih ringan sehingga bisa tahan panas sekalipun dalam kecepatan tinggi. Sedangkan ban bias banyak digunakan untuk kendaraan yang diisi muatan besar karena memang bannya tebal sehingga bisa menopang beban yang sangat berat. Kemudian ban jenis bias tidak tahan panas dengan baik sehingga cocok untuk kendaraan yang berisi barang,
Daya cengkeram
Dari daya cengkeram, tentunya ban radial lebih unggul dibandingkan dengan ban bias. Alasannya karena ban radial akan tertekan ke bagian dinding samping ketika kendaraan sedang melaju. Sedangkan ban bias lebih banyak tertekan ke depan serta belakang sehingga beban panas ban jenis radial akan terdistribusi dengan merata yang membuat ban tidak menjadi cepat aus.
Dari informasi diatas tentu sudah jelas bahwa ban radial memang cocok untuk mobil-mobil keluaran terbaru sekarang ini termasuk Toyota Veloz. Untuk bisa memiliki Toyota Veloz maka bisa menyediakan dana sesuai dengan harga Toyota Veloz yang berkisar 280 juta untuk varian yang paling rendah. Mobil satu ini juga tersedia stoknya di aplikasi SEVA yang terbukti melayani setiap orang yang ingin beli kendaraan dalam kondisi masih baru dengan sangat mudah.