Panas matahari yang saat ini yang semakin meningkat tentunya dapat membuat kulit semakin gerah dan bahkan terasa kering. Kulit wajah juga tentu saja dikhawatirkan akan mengalami dampak dari panas matahari yang kian menyengat. Radiasi yang dipancarkan oleh matahari bahkan menjadi suatu ketakutan tersendiri bagi setiap orang. Banyak hal yang dikhawatirkan akan terjadi pada kulit jika terus terpapar radiasi sinar matahari mulai dari kulit kering hingga kulit menjadi rusak dan yang paling buruk adalah timbulnya kanker kulit di kemudian hari.

Tentu tidak ada satu pun orang yang menginginkan hal ini sampai terjadi. Maka tak heran apabila sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan tabir surya. Bahkan tabir surya ini tidak hanya digunakan oleh kalangan wanita saja tetapi juga di kalangan pria. Tabir surya seringkali digunakan pada wajah dimana wajah menjadi bagian yang pertama kali diperhatikan oleh orang lain pada saat tatap muka. Tabir surya sendiri seringkali disebut juga dengan istilah sunblock. Banyak orang yang kini menggunakan sunblock wajah di setiap pagi sebelum memulai aktivitas di luar rumah.

Sunblock sendiri sebenarnya merupakan suatu cara yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi yang dipancarkan oleh matahari. Saat Anda menggunakan sunblock pada bagian wajah maka wajah Anda akan dilapisi dengan sunblock tersebut sehingga kulit wajah akan terlindungi dari paparan sinar matahari. Radiasi yang terpancar dari sinar matahari akan memantul sehingga tidak akan sampai menyentuh kulit wajah Anda dan tidak akan sampai terserap di dalam kulit. Sunblock wajah sebenarnya sangat penting dan dianjurkan untuk digunakan setiap hari. Sebab sunblock ini bersifat melindungi kulit wajah Anda dari radiasi matahari yang terpancar setiap hari.

Beberapa Bentuk Sunblock di Pasaran

Ada beberapa bentuk dari sunblock yang bisa Anda pilih untuk digunakan setiap hari. Misalnya saja ada yang berbentuk lotion atau krim serta ada pula yang berbentuk gel. Bahkan sekarang ini ada pula sunblock yang hadir dalam bentuk spray sehingga semakin memudahkan Anda dalam menggunakannya. Berbagai varian sunblock yang hadir di pasaran ini tentunya hadir dengan kelebihan yang berbeda. Misalnya saja sunblock untuk wajah yang berbentuk krim biasanya digunakan oelh Anda yang memilikikulit wajah berjenis kering atau normal. Pada sunblock jenis ini terdapat kandungan lanolin dan minyak alami yang lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan kelembapan kulit.

Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki kulit normal dan cenderung kering dapat menggunakan sunblock yang hadir dalambentuk krim. Anda bisa mendapatkan dua fungsi sekaligus dari penggunaan sunblock tersebut yaitu menangkal radiasi matahari dan menjaga kelembapan serta kelembutan kulit wajah. Untuk sunblock yang berbentuk gel biasanya lebih cocok digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit wajah mudah berjerawat. Kandungan minyak pada sunblock jenis ini lebih ringan. Selain itu pada sunblock jenis gel terdapat kandungan alkohol yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak juga bisa menggunakan sunblock dalam bentuk spray sebab kandungan air yang terdapat dalam sunblock jenis ini cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk jenis kulit wajah berminyak. Cara menggunakan sunblock jenis spray bisa dibilang sangat mudah dan praktis. Anda hanya tinggal menyemprotkan sunblock kebagian wajah Anda. Berbagai varian sunblock wajah yang hadir di pasaran tentu akan lebih memudahkan Anda dalam memilih pelindung wajah dari radiasi matahari.

Komposisi Sunblock Yang Utama

Komposisi Sunblock Yang Utama

Sunblock merupakan salah satu jenis perawatan wajah yang dianjurkan untuk selalu digunakan. Komposisi utama dalam pembuatan sunblock memang perlu untuk diperhatikan sebelum Anda menggunakannya. Dengan mengetahui komposisi sunblock maka Anda bisa memilih produk sunblock yang sekiranya sesuai dengan keperluan wajah Anda. Selain itu Anda juga perlu tahu bahwa paparan sinar matahari mengandung berbagai jenis radikal bebas yang berdampak buruk pada kulit Anda. Salah satunya adalah oxybenzone yang dianggap sebagai racun bagi kulit karena dapat memicu terjadinya kanker kulit. Oleh karena itu diperlukan sunblock wajah untuk melindungi kulit dari berbagai racun tersebut.

Sunblock sudah tentu aman bagi kulit Anda karena mengandung komposisi terbaik. Umumnya sunblock memiliki bahan dasar berupa antioksidan yang mengandung zinx oxide atau titanium oxide. Pada sunblock terdapat pula SPF atau Sun Protector Factor yang merupakan ukuran untuk menentukan kadar perlindungan terhadap paparan dari sinar matahari. Anda bisa menentukan intensitas penggunaan perlindungan SPF ini dengan mudah. Caranya yaitu nomer SPF dikalikan 10 lalu hasilnya dibagi 60. Misalnya saja Anda memiliki produk sunblock SPF 30. Maka 30 dikalikan 10 dan hasilnya dibagi 60. Akan didapatkan hasil 5 dari perhitungan SPF tersebut. Hal ini berarti bahwa sunblock dengan SPF 30 ini hanya dapat melindungi kulit Anda dari paparan radiasi sinar matahri dalam waktu 5 jam saja. Hal ini juga berarti bahwa Anda harus menggunakan sunblock lagi setelah melewati batas waktu 5 jam dari penggunaan sunblock pertama. Dengan menggunakan sunblock secara rutin dan tepat waktu maka hasil dari penggunaan sunblock tersebut diharapkan sesuai sehingga kulit Anda tetap sehat.

Menggunakan Sunblock Secara Tepat

Memakai sunblock sudah seharusnya dilakukan dengan tepat. Anda perlu mengenal jenis kulit wajah Anda terlebih dahulu agar dapat memilih produk sunblock yang sesuai untuk jenis kulit wajah Anda. Selain itu Anda juga sebaiknya menggunakan sunblock dengan intensitas yang sesuai. Anda bisa mengetahui intensitas pemakaian dengan melakukan perhitungan SPF yang terdapat pada sunblock.

Pemakaian sunblock juga harus dilakukan dengan cara dan langkah yang tepat. Pemakaian sunblock harus dilakukan secara merata. Jangan sampai sunblock menggumpal di kulit Anda. Anda harus mengoleskannya secara merata segera setelah sunblock digunakan di kulit wajah. Sunblock juga sebaiknya digunakan 15 hingga 30 menit sebelum Anda memulai aktivitas di luar rumah dan sebelum Anda terpapar sinar matahari.

Hal ini sebenarnya bertujuan agar penggunaan sunblock dapat meresap ke dalam kulit wajah dengan maksimal sehingga sunblock bisa memberikan perlindungan yang menyeluruh bagi wajah Anda. SPF pada sunblock juga harus diperhatikan agar Anda bisa mengetahui frekuensi pemakaian sunblock. Jika sunblock diketahui hanya dapat memberikan perlindungan selama 5 jam saja maka setelah 5 jam Anda harus mengoleskannya kembali.

Gunakan sunblock secara teratur agar pelindungan kulit wajah Anda bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin. Sunblock sudah seharusnya dioleskan di bagian kulit tubuh yang terbuka termasuk kulit wajah. Sebab wajah merupakan bagian tubuh yang terbuka dan cenderung lebih banyak mengalami paparan sinar matahari. Oleh karena itu wajah Anda perlu mendapatkan perlindungan dari radiasi sinar matahari. Dengan menggunakan sunblock wajah secara benar dan tepat maka wajah Anda akan terlindungi dari paparan radiasi sinar matahari. Selain itukesehatan serta kelembapan kulit wajah Anda juga akan terjaga secara maksimal.