Kandungan yang Ada di Obat Ivermectin dari SehatQ

  • Whatsapp
Ivermectin

Obat Ivermectin saat ini mendapatkan banyak dukungan untuk menjadi terapi dari covid-19 di Indonesia. Menteri BUMN yakni bapak Erick Thohir dan juga Ikatan Dokter Indonesia sepakat mendorong dikeluarkannya izin terkait penggunaan darurat obat tersebut. Para Ikatan Dokter Indonesia atau IDI juga mendukung upaya untuk mempercepat dan memperbanyak uji klinis Ivermectin untuk bisa digunakan sebagai salah satu obat penanganan Covid-19.

Sekarang ini Badan Kesehatan Dunia atau WHI (World Health Organization)  dan FDA (Food and Drug Administration) atau Badan Pengawas Obat dan juga Makanan yang ada di Amerika Serikat juga sudah merekomendasikan Ivermectin untuk terus digunakan dalam rangka uji klinis. Lalu apakah benar obat ini dapat menyembuhkan covid-19? Lalu apa sebenarnya kandungan yang ada dalam obat ini dan juga apa efek sampingnya?

Obat Ivermectin adalah obat resep yang digunakan untuk bisa mengobati gejala infeksi parasit tertentu misalnya seperti Strongyloidiasis yang ada pada saluran usus, River Blindess atau Onchocerciasis, kulit dan juga mata. Pada Tablet obat Ivermectin juga tersedia sebagai obat bermerek Stromectol.

Stromectol (Ivermectin) juga merupakan semisintetik, terdapat agen anthelmintik untuk pemberian oral. Dan Ivermectin ini juga berasal dari avermectins, yang ada pada kelas spektrum luas yang juga sangat aktif, Kemudian agen anti-parasit yang diisolasi dari produk fermentasi pada Streptomyces avermitilis.

Obat Stromectol atau Ivermectin telah tersedia dalam tablet 3 mg yang telah mengandung bahan-bahan tidak aktif, misalnya seperti hidroksianisol terbutilasi, selulosa mikrokristalin, pati pregelatinized, magnesium stearat, dan juga bubuk asam sitrat (anhidrat).

Cara Kerja dari Obat Ivermectin

Obat Ivermectin juga termasuk dalam kelas obat yang disebut sebagai obat anti-parasit. Pada kelas obat yang merupakan sekelompok obat yang bekerja dengan cara yang sama. Sehingga Obat ini juga sering digunakan untuk mengobati kondisi serupa.

Pada tablet oral Ivermectin juga akan bekerja dengan cara mengikat bagian di dalam parasit. Sehingga akhirnya bisa melumpuhkan dan membunuh parasit, ataupun dapat menghentikan parasit dewasa yang akan membuat larva untuk sementara waktu. Kemudian obat ini juga dapat mengobati infeksi kamu.

Efek Samping dari ObatIvermectin

Tidak hanya menyebabkan kantuk, Ivermectin akan tetapi juga dapat menyebabkan efek samping lainnya. Yakni antara lain dapat menyebabkan atau Ivermectin dapat memberikan efek samping umum sampai dengan serius.

Untuk efek samping umum yang juga lebih umum yang dihasilkan oleh obat ini saat digunakan untuk mengobati sakit perut, kehilangan selera makan, mual, muntah, diare, pusing, infeksi usus meliputi, kelelahan, kehilangan energi, mengantuk dan rasa gatal.

Kemudian untuk dapat mengobati infeksi kulit dan juga mata, maka efek samping yang lebih umum yakni meliputi, demam, nyeri sendi dan bengkak, nyeri kelenjar getah bening, gatal, ruam,  dan masalah pada mata.

Bukan hanya efek samping yang umum, tapi obat Ivermectin juga bisa menyebabkan efek samping yang sangat serius. Untuk efek samping serius pada mata dan gejalanya juga dapat meliputi  rasa sakit, kemerahan, berdarah, pembengkakan, sampai kehilangan penglihatan.

Pada efek samping serius di bagian kulit dan gejalanya juga dapat meliputi ruam parah, kulit bisa jadi melepuh dan juga bisa mengelupas. Nah mungkin itu saja informasi tentang obat Ivermectin dari artikel kesehatan ini semoga bermanfaat dan kota semua bisa terhindar dari keparahan akibat terinfeksi virus Covid-19.

Related posts