Inilah Beberapa Gejala GERD yang Kerap Tidak Disadari

  • Whatsapp
Inilah Beberapa Gejala GERD yang Kerap Tidak Disadari

GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) atau yang kerap disebut sebagai penyakit asam lambung merupakan kondisi yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan menjadi penyakit yang umum terjadi. GERD terjadi ketika asam lambung naik menuju kerongkongan dan menyebabkan iritasi pada lapisan esofagus. Banyak penderita GERD yang tidak menyadari jika dirinya sedang mengalami penyakit berbahaya ini, meskipun ada juga yang tahu. Hal ini lantaran penyakit GERD kadang tidak dikenali gejalanya.

Setiap orang pasti pernah mengalami asam lambung naik. Yaitu ketika sering mengalami nyeri pada ulu hati atau merasakan sensasi panas pada area dada hingga tenggorokan, maka bisa jadi Anda sedang mengalami gangguan pencernaan ini. Penyakit asam lambung bersifat kronis dan biasanya terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, dan terjadi secara tiba-tiba. Ketika asam lambung menyerang, maka jaringan di sepanjang dinding tenggorokan akan mengalami iritasi oleh asam lambung. Kondisi inilah yang menyebabkan adanya sensasi panas atau nyeri pada dada yang disebut dengan istilah heartburn.

Ada beberapa gejala GERD yang jarang disadari sehingga sering diabaikan, antara lain:

  • Tekanan pada dada.

Gejala seperti ini kerap disangka menyebabkan serangan jantung. Hal ini dikarenakan GERD juga bisa menyebabkan tekanan ekstrim dan menyakitkan pada area dada dan menjalar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini lantaran asam lambung mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan rasa sakit menjalar ke bagian lengan, leher, maupun punggung.

  • Air liur berlebih.

Pada penderita GERD, asam lambung bisa masuk ke dalam tenggorokan dan membuat mulut mengeluarkan air liur yang lebih banyak. Air liurnya ini terasa lebih asam dibandingkan dengan biasanya. Untuk kasus tertentu, bahkan penderita bisa mengeluarkan air liur sebanyak dua sendok teh air liur per menitnya.

  • Suara serak.

Refluks asam lambung bisa masuk ke dalam pita suara. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan kronis dan mempengaruhi bicara. Untuk menghilangkan rasa serak, beberapa orang kerap membersihkan tenggorokannya. Padahal hal ini justru bisa merusak tenggorokan lebih parah dan memperburuk kondisi.

  • Sulit untuk menelan.

Gejala lain penyakit GERD yang tidak disadari adalah kesulitan untuk menelan. Dimana pada GERD yang sudah kronis bisa menyebabkan penyempitan kerongkongan, sehingga membuat seseorang sulit untuk menelan cairan maupun makanan padat. Hal ini dikarenakan refluks asam kronis menimbulkan sensasi saat ada sesuatu yang menghalangi tenggorokan.

  • Napas bau.

Jika Anda sudah menyikat gigi dan membersihkan mulut secara rutin namun masih saja mengalami bau mulut, maka bisa jadi hal ini dikarenakan menderita GERD. Sama seperti gejala refluks asam, kondisi bau mulut ini disebabkan karena adanya pergerakan isi lambung yang menuju ke kerongkongan. Selain itu, bisa juga dikarenakan cara mengunyah makanan yang kurang sempurna, sehingga makanan membusuk di lambung dan menyebabkan bau busuk.

  • Masalah pernapasan.

Refluks asam juga bisa menyebabkan iritasi pada bronkus dan memicu masalah pernapasan, seperti asma. Selain itu, masalah pernapasan akibat refluks asam juga bisa berasal dari kandungan asam lambung yang memasuki organ paru-paru ketika tidur.

  • Radang tenggorokan.

Asam lambung yang naik menuju kerongkongan bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Kesulitan menelan makanan, tenggorokan terasa perih, batuk, serta sering bersendawa yang disebabkan oleh GERD juga bisa memperparah kondisi ini. Sehingga jika Anda mengalami radang tenggorokan yang disertai dengan gejala GERD, maka bisa saja memang Anda terkena penyakit GERD.

  • Tersedak pada malam hari.

Kondisi ini terjadi karena adanya aliran balik asam lambung ketika sedang berbaring. Pada sebagian orang, rasa mencekik dan muntah setelah satu jam tidur bisa menandakan refluks asam.

Itu tadi sedikit informasi mengenai gejala GERD. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Web MD. Complications of Heartburn and GERD. Diakses pada 2020.

Mayo Clinic. Gastroesophageal reflux disease (GERD). Diakses pada 2021.

Medical News Today. Everything You Need to Know About GERD. Diakses pada 2021.

Promag.id. Gerd dan Gejalanya. Diakses pada 2021.

Related posts