Cara Memilih Kualitas Cabe Rawit yang Berkualitas Tinggi

  • Whatsapp

Orang Indonesia memiliki ciri khas ketika makan kurang lengkap jika tidak ada sambal di meja makan, walaupun tidak ada sambal banyak ibu-ibu rumah tangga yang mencampurkan cabe rawit dengan masakan agar terasa nikmat. Sehingga, cabai merupakan salah satu bahan makanan yang selalu tersedia di dapur.

Cabai yang digunakan antara lain cabe rawit, cabe besar dan cabe keriting, ketika membeli cabe sebaiknya dilakukan dengan benar-benar dalam memilih cabai yang berkualitas baik. Berikut beberapa penjelasan mengenai cara-cara memilih kualitas cabe rawit yang berkualitas tinggi.

Cara Memilih Kualitas Cabe Rawit yang Berkualitas Tinggi

  1. Memperhatikan Bentuk Cabai

Dalam memilih cabe rawit yang baik, sebenarnya tidak sulit dalam membedakan cabai yang berkualitas baik dengan yang tidak. Anda dapat memperhatikan bentuk dari cabai yang akan Anda beli.

Ketika membeli cabe rawit sebaiknya Anda memilih cabai dengan ukuran yang besar dengan bentuk lurus dan tidak melengkung. Hal ini disebabkan karena biasanya cabe rawit dengan bentuk yang melengkung mempunyai cita rasa yang kurang pedas.

 

  1. Memperhatikan Warna Cabai yang Akan Dibeli

Selain memperhatikan bentuknya, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan warna cabai. Dalam membeli cabe rawit ini sebaiknya memiliki cabai dengan warna yang terang dan menyala.

Cabai yang memiliki warna seperti itu biasanya menandakan jika cabai yang akan Anda beli masih segar. Sebaiknya Anda menghindari membeli cabai dengan warna yang kusam, karena cabai dengan warna yang kusam biasanya merupakan cabai masih muda sehingga rasanya kurang pedas.

  1. Menghindari Membeli Cabai yang Dicampur-Campur

Biasanya di pasar tradisional, terdapat beberapa penjual cabai yang mencampur cabe rawit segar dengan cabe rawit yang sudah mulai layu dan bahkan ada yang membusuk dalam satu wadah.

Hal ini dilakukan oleh pedagang demi menekan harga jual yang tinggi dan keuntungan yang tinggi. Sehingga, sebaiknya Anda menghindari membeli cabai yang dicampur seperti itu. Memilih cabai yang benar-benar segar seluruhnya  dapat Anda lakukan agar cabai yang akan Anda beli dapat lebih tahan lama.

  1. Mengangin-anginkan Cabai

Biasanya para pedagang ketika menjual cabe rawit membungkus cabai dalam plastik bening. Sehingga ada baiknya jika Anda segera mengeluarkan cabai-cabai itu dari plastik agar tidak lembap yang dapat menyebabkan cabai membusuk.

Sehingga hal yang sebaiknya Anda lakukan yaitu menangin-anginkan cabai sampai kering. Selain itu, Anda juga bisa menjemur cabai sebentar di bawah sinar matahari agar cabai  tersebut sudah benar-benar kering dan tidak lembab.

  1. Menyimpan Cabai Ditempat yang Kering

Hal yang bisa Anda lakukan setelah membeli cabe rawit yaitu langsung memindahkan cabai ke dalam wadah atau besek yang kering dan kedap udara. Kemudian, menyimpan cabai tersebut di dalam kulkas atau pada suhu ruangan saja.

  1. Mencuci Cabai Ketika Hendak Digunakan

Salah satu kesalahan yang sering Anda lakukan ketika menyimpan cabai yaitu mencuci cabe sebelum menyimpannya. Hal ini justru dapat membuat cabai cepat membusuk karena suhu cabai lembap. Sehingga sebaiknya ketika mencuci cabai hanya pada saat akan digunakan saja agar cabai tetap segar.

Cabai yang segar dapat menciptakan makanan pedas yang dapat menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan Anda. Namun, sebaiknya tetap memperhatikan kualitas cabai yang akan dikonsumsi agar dapat memberikan citarasa yang maksimal dan aman untuk dikonsumsi.

Demikian penjelasan mengenai cara memili cabe rawit yang berkualitas tinggi. Semoga dengan adanya informasi ini dapat meningkatkan dan menambah wawasan Anda serta semoga bermanfaat untuk banyak orang.

Related posts