Mau menggunakan jasa press release? Saat ini, penggunaan press release menjadi salah satu pilihan perusahaan yang ingin melakukan proses branding. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara melakukan pemesanan jasa tersebut. Pun, tidak tahu juga bagaimana mekanisme pemesanannya. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa langkah atau cara mudahnya untuk memasan jasa pembuatan press release. Yuk, simak!
Pilih Jasa
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih jasa yang ingin Anda gunakan. Ini merupakan hal penting karena akan berpengaruh pada hasil maupun kualitas press release nantinya. Pastikan jika Anda bisa memilih jasa yang memang sudah berpengalaman. Beberapa kriteria jasa yang berkualitas adalah sebagai berikut:
- Memiliki track record yang baik dalam menangani layanan press release
- Memiliki kerjasama dengan media-media ternama dan media nasional
- Jelas dari segi harga, mekanisme, layanan dan lain sebagainya
- Menyediakan garansi bagi pengerjaan yang tidak sesuai kebutuhan
- Pengerjaan cepat, tepat, dan tentunya mudah dihubungi
Beberapa kriteria tersebut bisa dijadikan gambaran oleh Anda ketika ingin memilih jasa press release.
Jelaskan Pekerjaan
Setelah Anda memilih dan merasa mendapatkan jasa untuk pembuatan press release yang tepat, selanjutnya adalah segera hubungi pihak penyedia jasanya. Cari kontak yang bisa dihubungi untuk melakukan pemesanan. Biasanya, pihak jasa sudah memiliki situsnya sendiri dan menyediakan layanan untuk menghubungi atau call centre.
Ketika menghubungi pihak jasa press release, pastikan Anda menjelaskan dengan detail apa saja kebutuhan dan keinginan. Apakah Anda hanya melakukan pemesanan untuk masalah penerbitan saja di media-media online dan melakukan penyebaran. Atau, sekaligus dengan pembuatan artikelnya. Jika dengan pembuatan, maka jelaskan artikel seperti apa yang diinginkan. Sampaikan juga ketersediaan budget yang dimiliki untuk mendapatkan penawaran menarik dari pihak jasa.
Dapatkan Penawaran
Setelah Anda menghubungi pihak jasa dan menjelaskan apa saja kebutuhan atau pekerjaan yang harus dikerjakan oleh pihak penyedia jasa, selanjutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak jasa. Biasanya, pihak jasa pun akan memberikan penawaran menarik bagi Anda sebagai pelanggannya. Anda juga bisa diperkenankan untuk memilih media-media tujuan untuk tempat konten diterbitkan.
Tak hanya itu, pihak jasa press release pun biasanya akan memberikan penawaran menarik sesuai dengan budget yang Anda miliki. Hal itu menjadi nilai plus sendiri karena Anda bisa memilihnya sesuai biaya yang dimiliki. Sampaikan juga penawaran apa yang Anda pilih. Jika memungkinkan, tidak masalah untuk mengajukan banding dan penawaran kembali.
Selesai
Nah, jika beberapa langkah tersebut sudah dilakukan, maka tinggal waktunya Anda menunggu hasil pekerjaan yang dilakukan oleh pihak penyedia jasa. Penyedia jasa yang baik, pastinya akan selalu update dalam memberikan konfirmasi mengenai progress pekerjaan yang telah diselesaikan. Jangan lupa juga untuk memilih media-media yang sesuai dengan target. Jangan sampai jika perusahaan Anda di bidang kuliner, Anda malah memilih media tempat placement konten merupakan khusus properti atau otomotif. Tentu tidak relevan bukan?
Selain itu, pastikan juga Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini jika Anda memilih jasa yang sekaligus dengan pembuatan konten atau beritanya. Jika sudah sesuai, periksa artikel berita yang sudah dibuat. Jika sudah sesuai dan relevan dengan target pembaca, maka teruskan untuk dipublis media online yang dipilih.
Setelah beberapa cara dan langkah tersebut dilakukan, maka Anda sudah selesai melakukan pemesanan jasa press release. Bagaimana, sangat mudah dan praktis bukan?